Penitngnya Personal Branding Bagi Para Pelaku Bisnis Melalui Webinar Tokolab Insight

share
Pentingnya Personal Branding

Webinar yang diselenggarakan oleh Tokolab Insight dengan kolaborasi bersama Nidya Indriasari selaku PR Manager di Majoo Indonesia berlangsung pada Rabu, 23 Februari 2022, berhasil mengundang lebih dari 200 peserta untuk menghadiri seminar online dengan teman 

Pentingnya Personal Branding Untuk UMKM.

Dalam webinar tersebut, Nidya mengingatkan betapa pentingnya personal branding terutama bagi pelaku bisnis dengan membuka sesi tanya jawab dengan peserta. Ada yang menjawab bahwa personal branding adalah identitas, image diri, content, karakter, citra diri, pengenalan bisnis, dan lain sebagainya. 

Meski tidak ada yang salah, Nidya mulai memberi jawaban tentang apa itu personal branding melalui 3 gambar yang ia tampilkan, seperti Steve Jobs, Michael Jordan, dan Atta Halilintar. Menurutnya, untuk diakui keberadaannya, kita butuh personal branding. 

“Untuk diakui keberadaannya atau eksis, bukan berarti selalu ingin jadi artis atau selebgram terkenal, tetepi sekedar keberadaan kita diakui ketika berada di sebuah komunitas. Hal ini manusiawi karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Eksis itu sah-sah saja.”

Dengan demikian, personal branding adalah kemampuan mengenali diri atau membangun diri/image/citra yang sebenarnya sudah ada dalam diri masing-masing. Sesederhana kita bertanya pada diri sendiri, kita ingin orang lain mengenal diri sebagai apa. Lantas, bagaimana cara membangun personal branding?

Hal pertama bagi Nidya adalah “who you are”, atau kita ingin dikenal sebagai siapa, yang kedua “what you believe” atau apa yang kita yakini. Nidya mengambil contoh dari Majoo Indonesia, yang diawal begitu yakin dan ingin agar UMKM di Indonesia dapat maju dengan berbagai fasilitas dan value yang Majoo berikan.

Selain itu, Nidya juga mengatakan bahwa memang menemuka personal branding bagi bisnis tak bisa dianggap mudah, namun bila dilakukan dengan perlahan, sesuai passion, dan tulus, pasti akan menemukan jalannya.

Yang tak kalah penting adalah bagaimana UMKM me-list down semua visi bagi usaha, sehingga secara otomatis perkembangan bisa selalu dijalankan seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous
Next

Berkolaborasi Dengan Qontak dan FYC Footwear, TOKOLAB Kembali Selenggarakan Webinar untuk Para Pelaku Bisnis

Situasi pandemi ini secara tidak langsung mempercepat transformasi digital dan mengubah cara berjualan masa kini. Transformasi digital dengan berjualan secara... Selengkapnya

TOKOLAB Luncurkan Program Acara Virtual Untuk Mendukung Digitalisasi Pengusaha UMKM Melalui Webinar ‘Bincang Dagang’

Jakarta, 6 Oktober 2021 - Perusahaan Creative Agency yang berdomisili di Indonesia, TOKOLAB, dibawah naungan PT. CLS SYSTEM mendukung para... Selengkapnya

CLS SYSTEM Meluncurkan Produk Layanan Digital Kreatif Baru

Jakarta, 23 September 2021 - PT CLS SYSTEM , sebagai anak perusahan dari AIM Goup yang merupakan salah satu perusahaan teknologi... Selengkapnya