Penitngnya Personal Branding Bagi Para Pelaku Bisnis Melalui Webinar Tokolab Insight

Webinar yang diselenggarakan oleh Tokolab Insight dengan kolaborasi bersama Nidya Indriasari selaku PR Manager di Majoo Indonesia berlangsung pada Rabu, 23 Februari 2022, berhasil mengundang lebih dari 200 peserta untuk menghadiri seminar online dengan teman
Pentingnya Personal Branding Untuk UMKM.
Dalam webinar tersebut, Nidya mengingatkan betapa pentingnya personal branding terutama bagi pelaku bisnis dengan membuka sesi tanya jawab dengan peserta. Ada yang menjawab bahwa personal branding adalah identitas, image diri, content, karakter, citra diri, pengenalan bisnis, dan lain sebagainya.
Meski tidak ada yang salah, Nidya mulai memberi jawaban tentang apa itu personal branding melalui 3 gambar yang ia tampilkan, seperti Steve Jobs, Michael Jordan, dan Atta Halilintar. Menurutnya, untuk diakui keberadaannya, kita butuh personal branding.
“Untuk diakui keberadaannya atau eksis, bukan berarti selalu ingin jadi artis atau selebgram terkenal, tetepi sekedar keberadaan kita diakui ketika berada di sebuah komunitas. Hal ini manusiawi karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Eksis itu sah-sah saja.”
Dengan demikian, personal branding adalah kemampuan mengenali diri atau membangun diri/image/citra yang sebenarnya sudah ada dalam diri masing-masing. Sesederhana kita bertanya pada diri sendiri, kita ingin orang lain mengenal diri sebagai apa. Lantas, bagaimana cara membangun personal branding?
Hal pertama bagi Nidya adalah “who you are”, atau kita ingin dikenal sebagai siapa, yang kedua “what you believe” atau apa yang kita yakini. Nidya mengambil contoh dari Majoo Indonesia, yang diawal begitu yakin dan ingin agar UMKM di Indonesia dapat maju dengan berbagai fasilitas dan value yang Majoo berikan.
Selain itu, Nidya juga mengatakan bahwa memang menemuka personal branding bagi bisnis tak bisa dianggap mudah, namun bila dilakukan dengan perlahan, sesuai passion, dan tulus, pasti akan menemukan jalannya.
Yang tak kalah penting adalah bagaimana UMKM me-list down semua visi bagi usaha, sehingga secara otomatis perkembangan bisa selalu dijalankan seiring berjalannya waktu.