Wajib Tahu, Ini 3 Rahasia Sukses Jualan Online, Dijamin Laku!

share
Rahasia Sukses Jualan Online

Ini eranya jualan online. Kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki, bisa Anda temukan di internet. Dengan kata lain, apa saja bisa Anda jual secara online.

Namun, Anda tentunya tahu. Meski ada banyak kesempatan, tak semua orang punya kisah sukses jualan online. Tak sedikit online shop yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita macam inilah yang mungkin membuat anda keder berusaha.

Baca Juga: Dijamin Laris, Ini 5 Tips Memulai Usaha Kuliner!

Tetapi, kita semua pasti percaya bahwa sukses adalah hak semua. Tokolab juga siap menemani Anda untuk mambangun usaha jualan online Anda. Maka dari itu, kami akan bocorkan tips sukses berjualan online versi Tokolab.

Singkatnya, berikut adalah 3 tips penting dan cara jualan online terlaris yang bisa Anda coba Buah manggis, buah kedondong. Mau jualannya manis, simak tips di bawah ini dong.

1.Kenali Nilai Jual Produk

Apa kelebihan produk bisnis Anda? Jawaban yang terlintas di kepala bisa jadi: harga terjangkau, kualitas super, atau pertama di kelasnya. Pertanyaan semacam ini cenderung mudah dijawab.

Bagaimana kalau di ubah pertanyaannya menjadi, apa kelebihan produk yang tidak dimiliki kompetitor Anda?

Pertanyaan itu seharusnya memang membuat Anda termenung. Sebab, di situlah Anda sedang mencari jawaban unique selling points (USP) atau nilai jual produk.

Berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya bisa banyak, USP biasanya hanya satu saja. Satu poin inilah yang nantinya jadi kunci untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. 

Mengapa hanya satu saja? Sebab ketika Anda menginginkan orang tahu semua kelebihan produk Anda, seringkali calon pelanggan tak mengingat apapun soal bisnis jualan online Anda.

Karena itu, penting sebuah bisnis untuk memiliki nilai kelebihan dan keunikan tersendiri agar bisa dilirik pasar. 

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk UMKM

2. Buat Website Toko Online Sendiri

Saat melihat tips jualan online yang satu ini mungkin Anda bertanya-tanya. Mengapa Anda perlu membuat website untuk jualan online? Pertanyaan ini memang sering muncul ketika sebuah bisnis disarankan untuk memiliki website. 

Padahal kan, ada banyak marketplace yang lebih mudah dipakai. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Jadi, mengapa Anda masih perlu membuat website?

Marketplace memang jauh lebih mudah digunakan. Tak butuh waktu lama untuk membuat akun dan mulai menjalankan usaha Anda. 

Ditambah lagi, marketplace sudah memiliki trafik tinggi dan user yang banyak. Pastinya, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menemukan pelanggan.

Namun, hal itu justru yang membuat marketplace memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Anda harus berebut calon pelanggan dengan memasang harga murah, memberikan pelayanan cepat, dan membangun reputasi lewat rating serta review.

Akan tetapi, setelah melakukan semua usaha itu, brand Anda tidak akan dikenal dengan baik. Pelanggan hanya akan mengingat marketplace yang digunakan instead of merek. Jika Anda memang bermaksud membangun brand awareness, Anda perlu paham konsekuensi ini.

Berbeda halnya dengan website toko online. Memang di awal-awal, membuat website toko online terbilang rumit. Ada banyak hal teknis yang perlu dilakukan sebelum bisa go online.

Hanya saja, toko online sangat strategis untuk membangun brand. Anda bisa mendesain website agar sesuai dengan branding yang diinginkan. Dengan begitu, USP dan kelebihan produk bisa ditonjolkan dengan baik.

Tak cuma itu saja, lewat toko online sendiri Anda memiliki kendali atas data. Pertama, data penjualan. Anda dengan mudahnya bisa tahu tren penjualan dari waktu ke waktu, demografi pembeli, serta model produk yang disukai pelanggan.

Kedua, data yang berisi kontak online calon pelanggan. Melalui data inilah, Anda bisa melakukan retargeting. Bahasa sederhananya, Anda bisa kirimkan notifikasi promo atau produk baru ke pelanggan lewat email. Anda tinggal buat landing page berisi form untuk kumpulkan data yang diinginkan.

Segala upaya marketing bisa dilakukan secara terpusat. Poin itu juga perlu diingat sebagai kelebihan lain dari memiliki toko online sendiri. Dalam satu halaman dashboard, Anda punya kontrol untuk membuat promo, merilis kontes, memberikan layanan konsumen, mengatur inventori produk, dan mengatur reseller.

3. Pakai Strategi Content Marketing

Sudah pernah dengar istilah content marketing? Kalau belum, Tokolab akan coba jelaskan secara ringkas.

Content marketing adalah sebuah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Bukan sembarang konten yang dibuat. Melainkan konten relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang. 

Itulah mengapa penggunaan content marketing merupakan salah satu tips jualan online yang wajib Anda coba.

Semakin bagus dan bermanfaat konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan usaha Anda ditemukan oleh calon pelanggan lewat Google. Artinya, semakin besar pula kemungkinan Anda mendapatkan cuan lewat strategi ini.

Namun, Anda jangan sampai terjebak untuk membuat konten foto atau video saja. Keduanya memang menarik. Apalagi jika tampilannya estetis dan memanjakan mata.

Hanya saja, Anda perlu tetap strategis dalam mengeksekusi content marketing. Alih-alih membuat konten visual dan hanya menyebarkannya lewat media sosial, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat blog dalam web toko online.

Blog bisnis merupakan investasi jangka panjang. Lewat blog Anda bisa menunjukkan sisi friendly bisnis, membangun hubungan dekat dengan calon pelanggan, mengumpulkan data calon pelanggan, dan meningkatkan reputasi bisnis.

Bicara soal teknis, blog juga bisa jadi tempat untuk mengumpulkan semua materi promosi. Dengan begitu, konten promosi Anda lebih mudah diakses oleh calon pelanggan. Mereka pun tak perlu kerepotan scroll akun Instagram, Twitter, atau Facebook Page.

Baca Juga: Toko Offline dan Online, Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

Melalui ketiga rahasia ini, Tokolab ingin Anda untuk semakin maju dalam berbisnis. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website dan strategi content marketing, jangan ragu untuk menghubungi Tokolab, untuk berkonsultasi lebih lanjut. Siapa tahu, setelah ini jualan online Anda bisa menarik banyak calon pembeli lagi, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous
Next

Tips Mulus Jalani Bisnis Sampingan, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Kalau kamu salah satu calon pebisnis, ikuti tips di artikel ini biar bisnis sampingan kamu berjalan mulus nantinya! Selengkapnya

Cara Hipnotis Customer Dengan Slogan Bisnis

Bicara soal bisnis, sekarang ini enterprenur dengan segala ide kreatifnya sudah merebak bak jamur di musim hujan. Selengkapnya

3 Pilihan Pekerjaan Product Management yang Tengah Banyak Dicari

Product Management merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki untuk bisa mengembangkan produk yang tepat dan sukses. Selengkapnya