3 Bisnis Start-Up yang Sukses di Indonesia

share
Bisnis Start-Up

Di era modern ini, rasanya tidak ada yang tidak ingin merintis karier di salah satu start-up Indonesia yang sukses.

Tawaran gaji yang tinggi, job security yang terjamin, dan keseimbangan kehidupan kerja yang baik menjadi alasan anak muda untuk menekuni karier di start-up.

Baca Juga: Dijamin Laris, Ini 5 Tips Memulai Usaha Kuliner!

Muncul dan menjamurnya jenis perusahaan ini juga memberikan harapan bagi para jobseeker muda yang bercita-cita untuk menjadi pekerja di start-up.

Bahkan, bagi kamu yang belum tahu, hingga saat ini sudah ada beberapa bisnis start-up Indonesia yang sukses mengembangkan sayap bisnisnya hingga dunia internasional, lho.

Kira-kira, apa saja bisnis start-up yang sukses tersebut? Berikut tiga contohnya yang telah Tokolab rangkum untukmu. Yuk, disimak, siapa tahu kamu bisa meniti karier di salah satu perusahaan ini!

1.GO-JEK

Perkembangan bisnis start-up di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Bisa dibuktikan dengan adanya beberapa perusahaan-perusahaan rintisan yang mulai berkembang.
Sumber: Unsplash

Zaman sekarang, rasanya tak ada yang tak mengenal GO-JEK. Perusahaan penyandang gelar decacorn yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini sukses memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari masyarakat kota besar.

Bisnis start-up Indonesia yang berdiri di 2010 ini telah mengembangkan fitur-fitur praktis yang berguna bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.

Layanan seperti Go-Car, pesan antar makanan Go-Food, pengiriman barang Go-Send, hingga pengangkutan barang Go-Box dapat dimanfaatkan secara mudah oleh pengguna via handphone mereka.

Karena kesuksesannya, pada Agustus tahun 2016, bisnis start-up Indonesia ini memperoleh suntikan dana sebesar 550 juta dolar AS dari sebuah konsorsium internasional.

GO-JEK juga berhasil mendapatkan gelar ASEAN Entrepreneur Award dari World Knowledge Forum di Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2016 silam.

Start-up Indonesia ini tidak hanya berjaya di negeri sendiri, tetapi juga sudah melanglang buana dengan membuka layanan mereka di 3 negara ASEAN, yakni Thailand, Singapura, dan Vietnam, menurut ujaran Merdeka.

Baca Juga: Toko Offline dan Online, Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

2. Tokopedia

Bisnis start-up Indonesia berikutnya merupakan salah satu situs belanja online Tokopedia yang sudah sukses sejak resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009 lalu.

Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini menjadi perusahaan bisnis start-up Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

Pada Agustus 2017, Tokopedia juga menerima investasi dari perusahaan asal Tiongkok, Alibaba, sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Berkat kiprahnya, Tokopedia terpilih sebagai Marketeers of the Year pada Markplus Conference 2015 yang digelar Markplus Inc. serta Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award pada Mei 2016, seperti yang dilansir oleh Bisnis.

3. OVO

Setelah mendapatkan gelar unicorn pada tahun 2019 silam, rasanya wajar saja bila OVO dinobatkan sebagai salah satu bisnis start-up Indonesia yang sukses.

Perusahaan yang didirikan oleh Lippo Group ini sukses menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Karena kinerjanya yang luar biasa, CB Insights melalui CNBC melaporkan bahwa hingga awal 2020 OVO memiliki valuasi sebesar 2,9 miliar dolar AS.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk UMKM

Nah, itulah tiga bisnis start-up asli Indonesia yang tidak hanya sukses di negeri sendiri, tapi juga sudah memperoleh keuntungan di dunia internasional.

Bagaimana? Apakah kini kamu makin tertarik untuk bekerja di sebuah start-up?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous
Next

Tips Mulus Jalani Bisnis Sampingan, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Kalau kamu salah satu calon pebisnis, ikuti tips di artikel ini biar bisnis sampingan kamu berjalan mulus nantinya! Selengkapnya

Cara Hipnotis Customer Dengan Slogan Bisnis

Bicara soal bisnis, sekarang ini enterprenur dengan segala ide kreatifnya sudah merebak bak jamur di musim hujan. Selengkapnya

3 Pilihan Pekerjaan Product Management yang Tengah Banyak Dicari

Product Management merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki untuk bisa mengembangkan produk yang tepat dan sukses. Selengkapnya