5 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis, Ampuh!

share
Social Media Marketing

Secara sederhana, social media marketing adalah bentuk pemasaran menggunakan media sosial dengan tujuan untuk membangun brand, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic website. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membagikan konten di media sosial, berinteraksi dengan audience atau pengikut, dan beriklan.

Baca Juga: Konsultasi Social Media Management Bisnis dan Dapatkan Promo Special Imlek Tokolab

Dengan melakukan pemasaran di media sosial, ternyata kamu juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan lho. Seperti, meningkatkan kepercayaan audience terhadap bisnismu dengan dengan membalas komentar atau memberikan penawaran spesial secara langsung, dan masih banyak lagi.

Karena sangat penting untuk kelangsungan bisnis, Tokolab akan membagikan 5 tips ampuh social media marketing untuk bisnis kamu melalui ulasan berikut ini!

1.Memiliki Tujuan Bisnis yang Jelas

Sebelum memasuki hal yang lebih teknis, kamu perlu menentukan tujuan dalam menggunakan media sosial tersebut. Apakah untuk promosi? Untuk melayani pelanggan? Atau mengarahkan pelanggan ke website? Semua hal tersebut perlu ditentukan sebelum melakukan pemasaran di media sosial demi menentukan content apa yang akan kamu berikan nantinya.

Berbisnis dan memiliki satu tujuan sangatlah penting, kecuali kamu memiliki tim di mana beberapa anggota dapat mengambil tujuan yang berbeda dalam penggunaan media sosial.

Misalnya, kamu memiliki tim marketing yang beberapa anggotanya bertugas untuk melakukan promosi di media sosial, sementara anggota lainya bertugas untuk melakukan pelayanan pelanggan.

2. Memilih Platform yang Tepat

Setelah mengenali audience dari bisnismu, langkah selanjutnya yaitu menentukan media sosial yang akan kamu gunakan, apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, atau yang lainnya. Selain itu, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai kesesuaian antara media sosial yang akan digunakan dengan audience-mu. Misalnya berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Setelah melakukan riset dan menemukan media sosial yang cocok, kamu akan dengan mudah menentukan media sosial yang akan digunakan. Contohnya, kamu memiliki targeting audience dengan rata-rata usia 25 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta, maka tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan Instagram untuk membagikan konten promosi.

Selain dari usia dan jenis kelamin, kamu juga bisa menentukan penggunaan media sosial berdasarkan kesesuaian konten yang ingin dibagikan, apakah berupa konten video, gambar, atau sekedar informasi promosi.

Baca Juga: Toko Offline dan Online, Apa Saja Kelebihan & Kekurangannya?

3. Bedakan Content dan Media Sosial

Setiap media sosial memiliki karakteristik dan audience yang berbeda. Misalnya, pengguna dengan kisaran umur 30 sampai 50 tahun ke atas menggunakan Facebook, pengguna dengan kisaran umur 17 hingga 30 tahun menggunakan Instagram, dan lain sebagainya.

Karena itu, kamu harus menentukan platform mana yang sesuai dengan karakteristik brand-mu.

Buatlah content yang berbeda dari tiap platform yang kamu gunakan.

4. Tentukan Jenis Content yang Akan Dibagikan

Apabila sudah mengetahui media sosial yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah menentukan konten yang ingin dibagikan kepada audience. Kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu media sosial, jika bentuk konten yang akan dibagikan sesuai dengan audience yang ditargetkan, apakah itu mengenai hiburan, berita, riset terbaru, atau yang lainnya.

Selain itu, kamu bisa mengemas konten tersebut agar lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya, seperti video essay atau infografis.

5. Membuat Analisis untuk Setiap Content 

Adapun tahapan terakhir yaitu melakukan analisis terhadap strategi pemasaran yang telah kamu lakukan di media sosial. Kamu dapat menganalisisnya berdasarkan dampak dari konten-konten yang kamu bagikan seperti, jumlah likes, response pada kolom komentar, dan juga pertumbuhan jumlah followers

Setelah melakukan analisis, kamu akan bisa melihat pola dari audience-mu di media sosial. Misalnya, konten seperti apa yang mereka sukai, kapan waktu mereka paling sering mengakses konten yang kamu berikan, dan bentuk promosi seperti apa yang dapat meningkatkan penjualan secara langsung. Sehingga dari pola tersebut kamu dapat melakukan inovasi ketika membagikan konten selanjutnya. 

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk UMKM
Itulah beberapa tips social media marketing dan strateginya yang ampuh. Kalau kamu tertarik mengembangkan bisnis di media sosial, jangan lupa untuk memahami tips sosial media marketing ala Tokolab ini. Dengan begitu, strategi yang kamu buat tidak asal dibuat dan hasilnya maksimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous
Next

Tips Mulus Jalani Bisnis Sampingan, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Kalau kamu salah satu calon pebisnis, ikuti tips di artikel ini biar bisnis sampingan kamu berjalan mulus nantinya! Selengkapnya

Cara Hipnotis Customer Dengan Slogan Bisnis

Bicara soal bisnis, sekarang ini enterprenur dengan segala ide kreatifnya sudah merebak bak jamur di musim hujan. Selengkapnya

3 Pilihan Pekerjaan Product Management yang Tengah Banyak Dicari

Product Management merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki untuk bisa mengembangkan produk yang tepat dan sukses. Selengkapnya